marquee

DON'T BE A SHEEP IN A WORLD FULL OF WOLVES

Sabtu, 11 Maret 2017

Tempat Wisata Riau Paling Populer


Tempat Wisata Riau- Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Provinsi Riau dikenal sebagai daerah perkebunan dengan mayoritas penduduk adalah suku Melayu dan agama Islam. Berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara dan Jambi.

Untuk mengetahui apa saja destinasi wisata di provinsi Riau yang beribukota pekan baru ini anda bisa membaca ulasannya dibawah ini, sebagai referensi jika anda ingin berwisata di Riau. Banyak sekali tempat wisata di riau mulai dari wisata pantai,wisata alam, wisata religi dan banyak lagi lainnya untuk lebih jelas bisa baca ulasanya sebagai berikut.

1. Danau Raja


Salah satu tempat wisata di Rengat, adalah sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Konon dahulu kala tidak jauh dari danau pemandian keluarga kerajaan Indragiri tersebut terdapat sebuah bangunan Istana kerajaan, yang saat ini telah berada ditengah sungai Indragiri dan kalau dimusim kemarau pada waktu debit air sungai surut kita dapat melihat bekas bangunan bagian belakang Istana Indragiri tersebut.
Di era tahun 1980-an, pemerintah daerah Indragiri Hulu bermaksud menjadikan Danau Raja ini sebagai sebuah daerah wisata bagi penduduk sekitar dengan membangun taman bermain untuk anak-anak, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. 

Danau Raja lokasinya terletak di Kota Rengat yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Indragiri Hulu, konon danau ini dulunya merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan Indragiri yang istananya sekarang berada di dalam danau, namun tidak jauh dari lokasi danau anda dapat melihat replika istana kerajaan tersebut. 

2. Candi Muara Takus



Candi Muara Takus merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, lokasinya terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar XIII, candi ini merupakan candi Buddha yang menjadi satu-satunya peninggalan sejarah berbentuk candi yang ada di Riau.

Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

3. Air Terjun Lubuk Bigau


Air Terjun Lubuk Bigau atau yang disebut juga Air Terjun Pangkalan Kapas, lokasinya terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, bisa dibilang air terjun ini merupakan yang tertinggi di Riau karena tingginya mencapai 130 meter

Air terjun ini benar-benar masih alami dan terbilang masih jarang dijamah, tidak terdapat satupun bangunan semisal Gazebo atau rumah-rumahan. Dan terlihat disekitar air terjun adalah hutan tropis yang lebat lagi tinggi, nyanyian burung murai, semilirnya angin dan bunyian percikan air serta tumpukan bebatuan berwarna hitam kecoklatan yang terhampar disepanjang sisi aliran air yang telah membentuk layaknya anak sungai yang eksotis. 

4. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban



Air Terjun Tujuh Tingkat, sesuai namanya air terjun ini memiliki tujuh tingkatan atau tujuh buah air terjun yang bisa dicapai dengan mendaki lereng-lereng bukit, air terjun ini lokasinya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kanan, Kabupaten Kuantan Singingi, untuk menuju ke sini wisatawan harus menggunakan perahu menyusuri sungai kurang lebih 15 menit.

Air terjunnya sendiri tergolong indah dan menawan. Air terjun pertama yang sudah terlihat dan terdengar gemuruhnya dari dermaga pompom dapat dikunjungi dengan mudah. Air terjun kedua, ketiga, dan keempat juga dapat mudah dicapai dengan menyusuri tangga beton yang dibangun diantara tebing-tebing terjal serta ribunan pohon yang masih asri. Pada keempat air terjun yang “hanya” memiliki ketinggian antara 5 hingga 15 meter ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam nan eksotis.

5. Pulau Jemur



Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya, lokasinya terletak sekitar 72 km dari Ibu Kota Rokan Hilir yaitu Bagansiapiapi. 

Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi. Pulau Jemur ini merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hilir dengan daya tarik pantai dan penangkaran penyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar