marquee

DON'T BE A SHEEP IN A WORLD FULL OF WOLVES

Sabtu, 11 Maret 2017

Makanan Ringan Khas Riau Yang Wajib Dicoba

Makanan Ringan Khas Riau Yang Wajib Dicoba
Setiap daerah tentu memiliki makanan khas yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda tak terkecuali Provinsi Riau. Provinsi yang mayoritas penduduknya suku melayu, tentu akan banyak ditemukan cita rasa melayu punya. Selain itu makanan berat, makanan ringan dengan minuman khas riau yang sangat menyegarkan.
Pada umumnya setiap masakan riau memang berasal dari suku melayu, namun juga terdapat makanan yang diadopsi dari daerah lainnya. Dari hal tersebutlah kuliner makanan daerah Riau memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Adapun makanan riau terkenal yang wajib Anda coba adalah sebagai berikut :
1. Bolu Kemojo
Kue Bolu, tentu sudah tidak asing lagi dengan cita rasa yang enak tersebut. Namun di Provinsi Riau terdapat bolu unik yang bernama Bolu kemojo. Kue tersebut awalnya dibuat untuk makanan keluarga, kini menjadi kue yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Riau. Bolu Kemojo merupakan jenis kue bolu yang merupakan makanan ringan khas pekanbaru yang dibuat oleh Ibu Dinawati.
2. Kue Bangkit
Kue bangkit merupakan kue yang sudah matang dan menjadi 2 kali lipat dari ukuran semula setelah dikeluarkan dari oven. Warna putih kekuningan pada kue bangkit serta penambahan noktah merah diatasnya membuat kue ini menjadi lebih cantik. Tekstur kue bangkit yang halus dan renyah akan melumer ketika dimakan. Rasa kue bangkit cenderung manis sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.
3. Roti Jala

Roti jala merupakan makanan yang sangat unik, karena roti pada umumnya berbentuk padat dan mengembang. Namun di daerah Riau roti tidak seperti itu. Roti jala namanya, roti yang bentuknya memiliki lobang seperti jala yang terbentuk dari hasil pembuatan yang unik dari sang koki. Roti ini memiliki rasa yang guring karena merupakan roti yang dimasak dengan digoreng.
Makanan ini sering dihidangkan sebagai pelengkap kari ayam. Karena bentuk dan rasanya yang unik dan spesial ini, makanan berkelas dengan rasa enak dan gurih. Apabila berkunjung ke daerah riau Anda harus mencoba makanan ini.
4. Es Air Mata Pengantin
Seperti kedengarannya minuman ini sangat menarik untuk dimasukkan dalam daftar makanan ringan khas riau. Es air mata pengantin ini mengandung agar-agar yang berwarna-warni, biji selasih, blewah, dan nata de coco. Minuman tersebut disajikan dengan es serut, menjadi minuman yang pas untuk melepas dahaga. Dari namanya yang unik dan rasanya yang segar, es ini menjadi salah satu minuman favorit di riau yang harus kita coba.

1 komentar: